LKPD Terintegrasi Kemampuan Berfikir Komputasional dalam Mapel Matematika Topik Bilangan Cacah
📝 LKPD PERTEMUAN 1: Membaca & Menulis Bilangan Cacah (Fokus: Pengenalan Pola)
Judul: Detektif Kode Angka
Tujuan BK: Pengenalan Pola (Mengidentifikasi pola penulisan dan pembacaan bilangan)
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu membaca dan menulis bilangan cacah hingga 1.000.000 dengan tepat.
Bagian A: Membaca Kode Rahasia (Pengenalan Pola)
Instruksi: Baca bilangan di kolom kiri, lalu tuliskan nama bilangannya. Perhatikan pola penulisan angka nol dan kata "ribu" atau "juta".
Temukan Pola!
Saat angka nol berada di tengah bilangan, apa yang terjadi pada saat kamu membacanya?
Jawaban: ____________________________________________________________________________
Bagian B: Menulis Kode Baru (Aplikasi Pola)
Instruksi: Tuliskan bilangan berikut dalam bentuk angka.
Lima ratus dua puluh satu ribu delapan ratus tiga puluh. ________________________
Tujuh ratus ribu sembilan puluh. _________________________
Satu juta lima ratus ribu _________________________
Bagian C: Aktivitas BK – Pola Angka Berurutan (Plugged/Unplugged)
Tujuan BK: Pengenalan Pola.
Unplugged: Lanjutkan tiga bilangan berikutnya pada urutan di bawah ini, lalu jelaskan pola perubahannya.
320.000, 330.000, 340.000, ___, ___, ___
Pola yang ditemukan: _________________________980.000, 960.000, 940.000, ___, ___, ___
Pola yang ditemukan: _________________________
📝 LKPD PERTEMUAN 2: Nilai Tempat Bilangan Cacah (Fokus: Dekomposisi)
Judul: Menguraikan Komponen Angka
Tujuan BK: Dekomposisi (Memecah bilangan berdasarkan nilai tempat)
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menentukan nilai tempat dan nilai angka pada bilangan cacah hingga 1.000.000.
Bagian A: Posisi Angka (Nilai Tempat)
Instruksi: Perhatikan bilangan 475.213. Tentukan nilai tempat dari angka yang digarisbawahi.
Bagian B: Aktivitas BK – Kotak Nilai Tempat Terurai (Dekomposisi Unplugged)
Tujuan BK: Dekomposisi. Uraikan bilangan 931.504 menjadi bagian-bagian penyusunnya.
Tantangan Dekomposisi:
Tuliskan bilangan 628.700 dalam bentuk penjumlahan nilai tempatnya:
$628.700 = \underline{\hspace{3cm}} + \underline{\hspace{3cm}} + \underline{\hspace{3cm}} + \underline{\hspace{3cm}}$
Bagian C: Mengkomposisi Kembali (Penggabungan)
Instruksi: Berapa bilangan yang terbentuk dari penjumlahan nilai angka berikut?
$500.000 + 40.000 + 3.000 + 700 + 20 + 9 _________________________
Tujuh ratus ribu + lima puluh ribu + lima ratus + enam. _________________________
📝 LKPD PERTEMUAN 3: Membandingkan & Mengurutkan Bilangan (Fokus: Pengenalan Pola Lanjutan)
Judul: Membandingkan Kekuatan Angka
Tujuan BK: Pengenalan Pola (Mengembangkan pola perbandingan dari nilai tempat tertinggi)
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah hingga 1.000.000.
Bagian A: Pola Perbandingan (Pengenalan Pola)
Instruksi: Gunakan tanda <, >, atau = untuk membandingkan pasangan bilangan. Tuliskan dari nilai tempat mana kamu memulai perbandingan.
Pola Perbandingan:
Mengapa kita selalu memulai perbandingan dari nilai tempat paling kiri?
Jawaban: ____________________________________________________________________________
Bagian B: Mengurutkan Pola (Aplikasi Pola)
Instruksi: Urutkan bilangan berikut sesuai perintah, dengan menerapkan pola perbandingan di atas.
Urutkan dari yang terkecil hingga terbesar:
780.123, 781.123, 708.123,870.123
Urutan: ____________________________________________________Urutkan dari yang terbesar hingga terkecil:
92.500, 902.500}, 290.500, 29.500
Urutan: ____________________________________________________
Bagian C: Aktivitas BK – Pola Angka Lompat Jauh (Internet-Based)
Tujuan BK: Pengenalan Pola.
Plugged/Internet-Based: Jika kamu menggunakan spreadsheet atau aplikasi di internet, bilangan awalmu adalah 150.000.
Buat pola pertambahan 25.000 sebanyak 5 kali.
📝 LKPD PERTEMUAN 4: Pembulatan Bilangan Cacah (Fokus: Abstraksi & Algoritmis)
Judul: Menyederhanakan Kode Angka
Tujuan BK: Abstraksi (Menyederhanakan bilangan sesuai tingkat kepentingan) & Berpikir Algoritmis (Menyusun langkah pembulatan)
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu melakukan pembulatan bilangan cacah ke nilai tempat tertentu.
Bagian A: Aktivitas BK – Flowchart Pembulatan (Berpikir Algoritmis)
Tujuan BK: Berpikir Algoritmis. Tuliskan langkah-langkah (algoritma) yang kamu gunakan untuk membulatkan bilangan ke Ratusan Terdekat.
Bagian B: Menyaring dan Membulatkan (Abstraksi)
Tujuan BK: Abstraksi. Kita sering membulatkan angka besar agar lebih mudah diingat atau dihitung.
Instruksi: Bulatkan bilangan berikut sesuai instruksi.
Kesimpulan Abstraksi:
Kapan kita perlu melakukan pembulatan ke nilai tempat yang lebih tinggi (misalnya ke Ratus Ribuan)?
Jawaban: ____________________________________________________________________________
Bagian C: Aplikasi Kontekstual
Instruksi: Jawab masalah pembulatan ini.
Jumlah penduduk di Desa Makmur adalah 48.375 jiwa. Jika dibulatkan ke Ribuan terdekat, berapa jiwa jumlah penduduknya?
Jawaban: _________________________Harga sebuah mobil adalah Rp 275.650.000. Jika dibulatkan ke Juta Rupiah terdekat, berapa harga mobil tersebut?
Jawaban: _________________________
File lengkap LKPD bisa diunduh DISINI

Posting Komentar untuk "LKPD Terintegrasi Kemampuan Berfikir Komputasional dalam Mapel Matematika Topik Bilangan Cacah"