Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 CONTOH ICE BREAKING UNTUK MENGAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X SMA TOPIK GREETINGS AND INTRODUCTION

 

1. Perkenalan dengan Tali

Tujuan: Siswa bisa saling memperkenalkan diri sambil belajar menyapa dalam bahasa Inggris.

Prosedur:

  1. Siswa berdiri membentuk lingkaran.
  2. Anda (guru) memegang bola atau benda ringan yang bisa dilemparkan.
  3. Lemparkan bola ke salah satu siswa sambil mengucapkan salam dan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, misalnya: "Hello, my name is [Your Name], nice to meet you!"
  4. Siswa yang menerima bola harus menjawab dengan salam dan perkenalan mereka sendiri, misalnya: "Hi, my name is [Student's Name], nice to meet you!"
  5. Siswa yang sudah memperkenalkan diri akan melemparkan bola ke siswa lain di kelas dan proses ini berlanjut sampai semua siswa mendapatkan giliran.

Tips: Pastikan setiap siswa mengucapkan salam dan perkenalan dengan suara yang jelas agar semua bisa mendengarkan.

2. Two Truths and a Lie

Tujuan: Siswa memperkenalkan diri dengan cara yang menarik sambil melatih kosakata bahasa Inggris.

Prosedur:

  1. Jelaskan aturan permainan kepada siswa: Setiap siswa harus memikirkan dua hal yang benar tentang diri mereka dan satu hal yang salah.
  2. Siswa secara bergiliran memperkenalkan diri dengan mengucapkan tiga pernyataan dalam bahasa Inggris (dua yang benar dan satu yang palsu), misalnya: "I have a dog. I like to swim. I live in Jakarta."
  3. Teman-teman sekelas akan mencoba menebak mana yang merupakan kebohongan dengan bertanya atau memberikan pendapat.
  4. Siswa yang memperkenalkan diri akan memberi tahu apakah tebakan teman-teman benar atau salah.

Tips: Dorong siswa untuk menggunakan kosakata yang sederhana dan jelas agar teman-teman mereka bisa mengikuti permainan dengan mudah.

3. Salam Dunia

Tujuan: Siswa mempraktikkan berbagai cara menyapa dalam bahasa Inggris secara menyenangkan.

Prosedur:

  1. Bagikan kartu yang berisi berbagai cara menyapa dalam bahasa Inggris (misalnya, "Hello," "Good Morning," "How are you?").
  2. Minta siswa untuk mengambil satu kartu dan membaca cara menyapa yang ada di kartu mereka.
  3. Siswa kemudian harus mencari teman di sekitar mereka dan menyapa mereka menggunakan kata-kata di kartu mereka, misalnya, "Good Morning! How are you?"
  4. Setelah menyapa, siswa dapat melanjutkan dengan memperkenalkan diri mereka, misalnya: "My name is [Student's Name], nice to meet you!"
  5. Aktivitas ini berlanjut sampai semua siswa menyapa teman-temannya.

Tips: Variasikan cara menyapa agar siswa lebih beragam dalam berinteraksi.

4. Find Someone Who

Tujuan: Mendorong siswa untuk saling mengenal satu sama lain sambil berbicara dalam bahasa Inggris.

Prosedur:

  1. Siapkan daftar pertanyaan seperti "Find someone who has a pet," "Find someone who likes sports," dan sebagainya. Tuliskan pertanyaan ini di papan tulis atau distribusikan dalam bentuk lembaran.
  2. Berikan waktu sekitar 10-15 menit bagi siswa untuk berjalan mengelilingi kelas dan mencari teman yang sesuai dengan pertanyaan di daftar.
  3. Ketika menemukan teman yang cocok, siswa harus memperkenalkan temannya kepada kelas, misalnya: "This is [Student's Name], they have a pet."
  4. Aktivitas ini berlanjut hingga semua siswa mendapatkan kesempatan untuk berbicara dan memperkenalkan teman mereka.

Tips: Pastikan siswa mengajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris dan menjawabnya dengan jawaban singkat, seperti "Yes, I do" atau "No, I don't."

5. Name Bingo

Tujuan: Siswa belajar lebih banyak tentang teman-teman sekelas sambil memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

Prosedur:

  1. Siapkan kartu bingo kosong dengan beberapa kolom berisi pertanyaan perkenalan (misalnya, "Who likes pizza?", "Who has a sister?", "Who plays football?").
  2. Bagikan kartu bingo ke setiap siswa.
  3. Minta siswa untuk berjalan di kelas dan bertanya kepada teman-teman mereka apakah mereka memenuhi kriteria yang ada di kartu bingo.
  4. Ketika menemukan teman yang memenuhi kriteria, siswa harus menulis nama teman tersebut di kolom yang sesuai.
  5. Siswa yang pertama kali mengisi satu baris atau seluruh kolom dengan nama teman-temannya akan berteriak "Bingo!" dan memenangkan permainan.
  6. Setelah permainan selesai, beberapa siswa bisa berbagi nama dan informasi menarik tentang teman-teman yang mereka temui.

Tips: Pastikan siswa saling berbicara dengan bahasa Inggris dan berikan contoh bagaimana cara bertanya dengan benar (misalnya: "Do you like pizza?").

Dengan prosedur yang jelas dan menyenangkan ini, siswa akan lebih aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran sambil memperkenalkan diri dan melatih keterampilan bahasa Inggris mereka!

Posting Komentar untuk "5 CONTOH ICE BREAKING UNTUK MENGAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X SMA TOPIK GREETINGS AND INTRODUCTION "