5 IDE ICE BREAKING UNTUK MENGAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X TOPIK DESCRIPTIVE TEXT
1. Guess the Object
Tujuan: Membantu siswa mengenal cara mendeskripsikan objek dengan detail.
Prosedur:
- Siapkan beberapa benda yang mudah dikenali (misalnya, apel, bola, buku) dan letakkan benda-benda tersebut di depan kelas.
- Pilih seorang siswa untuk mendeskripsikan satu benda tanpa menyebutkan nama benda tersebut. Siswa lainnya harus menebak benda apa yang sedang dideskripsikan. Contoh deskripsi: “It’s red, round, and it’s usually eaten as a fruit.”
- Siswa yang berhasil menebak benda dengan benar akan mendapat giliran untuk mendeskripsikan benda berikutnya.
- Aktivitas ini berlanjut hingga semua benda dideskripsikan.
Tips: Dorong siswa untuk menggunakan kosakata deskriptif yang bervariasi seperti warna, bentuk, ukuran, dan fungsi benda.
2. Descriptive Hot Seat
Tujuan: Melatih kemampuan mendeskripsikan seseorang atau benda dalam bahasa Inggris.
Prosedur:
- Pilih satu siswa yang duduk di kursi depan (hot seat). Siswa ini akan menjadi objek deskripsi.
- Siswa lainnya memberikan deskripsi tentang siswa yang duduk di hot seat tanpa menyebutkan nama mereka.
- Siswa yang berada di hot seat harus menebak siapa mereka berdasarkan deskripsi yang diberikan. Contoh deskripsi: “He’s tall, has black hair, and wears glasses.”
- Setelah siswa berhasil menebak, lanjutkan dengan memilih siswa lain untuk duduk di hot seat dan berikan deskripsi lainnya.
Tips: Bimbing siswa untuk menggunakan berbagai kata sifat (adjectives) seperti tinggi, pendek, warna rambut, dan ciri fisik lainnya.
3. Descriptive Bingo
Tujuan: Meningkatkan pemahaman siswa tentang kata sifat (adjectives) yang digunakan dalam teks deskripsi.
Prosedur:
- Siapkan kartu bingo dengan beberapa kolom berisi kata sifat (adjectives), seperti "tall," "round," "colorful," "small," "fluffy," dll.
- Bagikan kartu bingo kepada setiap siswa.
- Siswa harus mencari teman-teman mereka yang sesuai dengan deskripsi kata sifat yang ada di kartu bingo. Misalnya, "Find someone who has brown hair" atau "Find someone who wears glasses."
- Setelah menemukan teman yang cocok dengan deskripsi tersebut, siswa harus menuliskan nama teman mereka di kolom yang sesuai.
- Siswa yang pertama kali mengisi satu baris atau seluruh kartu dengan nama teman-temannya akan berteriak "Bingo!" dan memenangkan permainan.
Tips: Dorong siswa untuk berinteraksi dalam bahasa Inggris saat mencari teman yang sesuai dengan deskripsi.
4. Picture Description Challenge
Tujuan: Mengembangkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan gambar secara detail.
Prosedur:
- Siapkan beberapa gambar menarik (misalnya, pemandangan alam, hewan, atau aktivitas sehari-hari) dan bagikan gambar tersebut kepada siswa.
- Minta siswa untuk mendeskripsikan gambar yang mereka terima dalam bahasa Inggris dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti:
- What do you see in the picture?
- What is the color of the object?
- How many objects can you see?
- Setiap siswa membacakan deskripsi gambar mereka di depan kelas. Setelah itu, siswa lain bisa memberikan komentar atau mendeskripsikan gambar mereka dengan cara yang berbeda.
- Aktivitas ini berlanjut hingga semua siswa mendeskripsikan gambar yang mereka miliki.
Tips: Ajarkan siswa untuk menggunakan kata sifat (adjectives) yang mendetail seperti warna, ukuran, bentuk, dan kondisi objek dalam gambar.
5. My Favorite Place Descriptions
Tujuan: Membantu siswa berlatih mendeskripsikan tempat favorit mereka dengan detail.
Prosedur:
- Minta setiap siswa untuk berpikir tentang tempat favorit mereka (misalnya, taman, pantai, rumah, atau kota).
- Siswa kemudian menuliskan deskripsi singkat tentang tempat tersebut, menggunakan kata sifat untuk menjelaskan lokasi, pemandangan, suasana, dan hal-hal yang mereka sukai tentang tempat tersebut. Contoh: “My favorite place is the beach. It is very relaxing. The sand is soft, and the water is blue. I love to walk along the shore.”
- Setiap siswa berbicara di depan kelas, mendeskripsikan tempat favorit mereka dalam bahasa Inggris.
- Siswa lain bisa menebak tempat tersebut berdasarkan deskripsi yang diberikan.
Tips: Dorong siswa untuk menggunakan kosakata yang lebih beragam dan menghindari pengulangan kata yang sama.
Dengan kegiatan ice breaking ini, siswa dapat aktif berpartisipasi dalam latihan mendeskripsikan objek, orang, dan tempat, serta memperkaya kosakata mereka dalam bahasa Inggris!

Posting Komentar untuk "5 IDE ICE BREAKING UNTUK MENGAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X TOPIK DESCRIPTIVE TEXT"