Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 2 Materi Jobs and Occupations Menggunakan Pendekatan Deep Learning


1. Tujuan Pembelajaran

✅ Siswa dapat menyebutkan berbagai jenis pekerjaan dalam bahasa Inggris.
✅ Siswa memahami tugas dasar dari berbagai pekerjaan.
✅ Siswa dapat menanyakan dan menjawab tentang pekerjaan seseorang dalam kalimat sederhana.
✅ Siswa menikmati proses belajar melalui lagu, permainan, dan aktivitas interaktif.

2. Langkah Pembelajaran

A. Mindful Learning (Kesadaran Penuh dalam Belajar) - 15 Menit

Fokus: Mengenalkan berbagai jenis pekerjaan dan menyadari pentingnya peran setiap profesi dalam kehidupan sehari-hari.

✨ Aktivitas"Who Helps Us?" (Siapa yang Membantu Kita?)
1️⃣ Guru menampilkan gambar berbagai profesi seperti dokter, guru, polisi, dan petani.
2️⃣ Guru bertanya kepada siswa:

  • "Who helps us when we are sick?" (Siapa yang membantu kita saat sakit?)
  • "Who teaches us in school?" (Siapa yang mengajar kita di sekolah?)
  • "Who builds our houses?" (Siapa yang membangun rumah kita?)
    3️⃣ Siswa menjawab dalam bahasa Indonesia, lalu guru memperkenalkan kosakata bahasa Inggrisnya dengan flashcards atau gambar.
    4️⃣ Beberapa kosakata yang diajarkan:

🏥 Profesi Kesehatan

  • Doctor 🩺
  • Nurse 👩‍⚕️
  • Dentist 😁

📚 Profesi Pendidikan

  • Teacher 👩‍🏫
  • Librarian 📖

🚓 Profesi Keamanan & Pelayanan

  • Police officer 👮‍♂️
  • Firefighter 🚒
  • Postman 📬

🏗️ Profesi Lainnya

  • Farmer 👨‍🌾
  • Chef 👨‍🍳
  • Pilot ✈️
  • Builder 👷‍♂️

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa mengenali berbagai jenis pekerjaan.
✅ Meningkatkan kesadaran siswa tentang peran setiap profesi dalam kehidupan.

B. Meaningful Learning (Pembelajaran Bermakna) - 25 Menit

Fokus: Menghubungkan pekerjaan dengan tugasnya dalam kehidupan sehari-hari.

✨ Aktivitas 1"What Do They Do?" (Apa yang Mereka Lakukan?)
1️⃣ Guru menyebutkan nama sebuah profesi dan meminta siswa menebak tugasnya.
2️⃣ Contoh pertanyaan dan jawaban:

  • "What does a doctor do?"
    • "A doctor helps sick people."
  • "What does a farmer do?"
    • "A farmer grows vegetables."

✨ Aktivitas 2"What is Your Dream Job?" (Apa Cita-citamu?)
1️⃣ Guru bertanya kepada siswa:

  • "What do you want to be?" (Kamu ingin menjadi apa?)
    2️⃣ Siswa menjawab menggunakan pola kalimat:
  • "I want to be a teacher."
  • "I want to be a pilot."
    3️⃣ Siswa berpasangan dan bertanya jawab tentang pekerjaan impian mereka.

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa memahami tugas dari berbagai pekerjaan.
✅ Melatih keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris.

C. Joyful Learning (Pembelajaran yang Menyenangkan) - 20 Menit

Fokus: Menggunakan lagu, permainan, dan aktivitas interaktif untuk memperkuat pemahaman siswa.

✨ Aktivitas"Sing & Play" (Bernyanyi & Bermain)

1️⃣ Menyanyikan Lagu "What Do You Want to Be?" 🎵

  • Guru memperkenalkan lagu sederhana tentang profesi.
  • Siswa bernyanyi sambil melakukan gerakan sesuai profesi yang disebutkan.

2️⃣ Permainan "Act and Guess" (Peragakan dan Tebak)

  • Siswa secara bergiliran memperagakan suatu profesi tanpa berbicara.
  • Siswa lain menebak dengan mengatakan, "You are a firefighter!" / "You are a pilot!"

3️⃣ "Matching Game" (Permainan Cocokkan Profesi dan Pekerjaan)

  • Guru membagikan kartu berisi gambar profesi dan kartu berisi pekerjaan yang dilakukan.
  • Siswa mencocokkan kartu dengan pasangan yang benar.

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa menghafal kosakata dengan cara menyenangkan.
✅ Meningkatkan keterampilan berbicara dan kepercayaan diri siswa.

3. Refleksi & Penutup (5 Menit)

  • Guru meminta siswa menyebutkan pekerjaan yang mereka ingat dalam bahasa Inggris.
  • Siswa berbagi tentang profesi impian mereka.
  • Guru memberikan tugas kecil: "Coba tanyakan kepada orang tua tentang pekerjaan mereka dan sebutkan dalam bahasa Inggris!"

4. Evaluasi Pembelajaran

✅ Observasi: Apakah siswa dapat menyebutkan berbagai pekerjaan dalam bahasa Inggris?
✅ Keaktifan: Apakah siswa terlibat dalam permainan dan aktivitas?
✅ Antusiasme: Apakah siswa menikmati proses belajar?

Kesimpulan

Pendekatan Mindful Learning (kesadaran akan berbagai profesi), Meaningful Learning (menghubungkan profesi dengan tugasnya), dan Joyful Learning (menggunakan lagu, permainan, dan interaksi) membantu siswa memahami, mengingat, dan menggunakan kosakata tentang pekerjaan dalam bahasa Inggris dengan cara yang efektif dan menyenangkan.

Bagaimana menurutmu? Apakah ada yang ingin ditambahkan? 😊

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 2 Materi Jobs and Occupations Menggunakan Pendekatan Deep Learning"