Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 2 Materi Hobby Menggunakan Pendekatan Deep Learning


1. Tujuan Pembelajaran

✅ Siswa dapat menyebutkan berbagai hobi dalam bahasa Inggris.
✅ Siswa memahami cara mengekspresikan hobi mereka dalam kalimat sederhana.
✅ Siswa dapat bertanya dan menjawab tentang hobi dengan teman mereka.
✅ Siswa menikmati proses belajar melalui lagu, permainan, dan aktivitas interaktif.

2. Langkah Pembelajaran

A. Mindful Learning (Kesadaran Penuh dalam Belajar) - 15 Menit

Fokus: Mengenalkan berbagai jenis hobi dan membantu siswa menyadari pentingnya memiliki hobi yang positif.

✨ Aktivitas"What Do You Like to Do?" (Apa yang Kamu Suka Lakukan?)
1️⃣ Guru menampilkan gambar berbagai hobi seperti membaca, bermain sepak bola, menggambar, bernyanyi, dan menari.
2️⃣ Guru bertanya kepada siswa:

  • "What do you like to do in your free time?" (Apa yang kamu suka lakukan di waktu luang?)
  • "Do you like playing football?" (Apakah kamu suka bermain sepak bola?)
  • "What is your favorite hobby?" (Apa hobi favoritmu?)
    3️⃣ Siswa menyebutkan aktivitas yang mereka sukai dalam bahasa Indonesia, lalu guru memperkenalkan kosakata bahasa Inggrisnya dengan flashcards atau gerakan.
    4️⃣ Beberapa kosakata yang diajarkan:

🎨 Hobi Seni & Kreatif

  • Drawing 🎨
  • Painting 🖌️
  • Singing 🎤
  • Dancing 💃

⚽ Hobi Olahraga & Aktivitas Luar Ruangan

  • Playing football ⚽
  • Playing badminton 🏸
  • Swimming 🏊
  • Cycling 🚴

📚 Hobi Lainnya

  • Reading books 📖
  • Watching TV 📺
  • Playing video games 🎮
  • Cooking 🍳

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa mengenali berbagai jenis hobi dalam bahasa Inggris.
✅ Meningkatkan kesadaran siswa tentang manfaat hobi bagi diri mereka.

B. Meaningful Learning (Pembelajaran Bermakna) - 25 Menit

Fokus: Menghubungkan hobi dengan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

✨ Aktivitas 1"Find Your Hobby" (Temukan Hobimu)
1️⃣ Guru membagikan kartu dengan gambar berbagai hobi.
2️⃣ Siswa memilih kartu yang sesuai dengan hobi mereka.
3️⃣ Siswa menyebutkan hobi mereka dalam bahasa Inggris, misalnya:

  • "My hobby is drawing." (Hobiku adalah menggambar.)
  • "I like playing football." (Aku suka bermain sepak bola.)

✨ Aktivitas 2"Ask and Answer" (Tanya Jawab tentang Hobi)
1️⃣ Siswa berpasangan dan bertanya satu sama lain menggunakan pola kalimat:

  • "What is your hobby?" (Apa hobimu?)
  • "Do you like reading books?" (Apakah kamu suka membaca buku?)
    2️⃣ Siswa menjawab dengan menggunakan:
  • "My hobby is dancing."
  • "Yes, I do." / "No, I don't."

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa memahami cara mengekspresikan hobi mereka.
✅ Melatih keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris.

C. Joyful Learning (Pembelajaran yang Menyenangkan) - 20 Menit

Fokus: Menggunakan lagu, permainan, dan aktivitas interaktif untuk memperkuat pemahaman siswa.

✨ Aktivitas"Sing & Play" (Bernyanyi & Bermain)

1️⃣ Menyanyikan Lagu "What Do You Like to Do?" 🎵

  • Guru mengajarkan lagu sederhana tentang hobi.
  • Siswa bernyanyi sambil melakukan gerakan sesuai hobi yang disebutkan.

2️⃣ Permainan "Act and Guess" (Peragakan dan Tebak)

  • Siswa secara bergiliran memperagakan sebuah hobi tanpa berbicara.
  • Siswa lain menebak dengan mengatakan, "You are singing!" / "You are playing football!"

3️⃣ "Hobby Bingo"

  • Guru membagikan lembar bingo dengan berbagai gambar hobi.
  • Siswa menandai hobi yang mereka miliki dan mencoba melengkapi satu baris untuk menang.

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa menghafal kosakata dengan cara menyenangkan.
✅ Meningkatkan keterampilan berbicara dan kepercayaan diri siswa.

3. Refleksi & Penutup (5 Menit)

  • Guru meminta siswa menyebutkan hobi mereka dalam bahasa Inggris.
  • Siswa berbagi tentang manfaat hobi mereka.
  • Guru memberikan tugas kecil: "Ceritakan kepada orang tuamu tentang hobi yang kamu sukai dalam bahasa Inggris!"

4. Evaluasi Pembelajaran

✅ Observasi: Apakah siswa dapat menyebutkan berbagai hobi dalam bahasa Inggris?
✅ Keaktifan: Apakah siswa terlibat dalam permainan dan aktivitas?
✅ Antusiasme: Apakah siswa menikmati proses belajar?

Kesimpulan

Pendekatan Mindful Learning (kesadaran akan pentingnya hobi), Meaningful Learning (menghubungkan hobi dengan penggunaannya), dan Joyful Learning (menggunakan lagu, permainan, dan interaksi) membantu siswa memahami, mengingat, dan menggunakan kosakata tentang hobi dalam bahasa Inggris dengan cara yang efektif dan menyenangkan.

Bagaimana menurutmu? Apakah ada yang ingin ditambahkan? 😊

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 2 Materi Hobby Menggunakan Pendekatan Deep Learning"