Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 2 Materi Transportation Menggunakan Pendekatan Deep Learning


1. Tujuan Pembelajaran

✅ Siswa dapat menyebutkan berbagai jenis transportasi dalam bahasa Inggris.
✅ Siswa memahami perbedaan antara transportasi darat, laut, dan udara.
✅ Siswa dapat bertanya dan menjawab tentang cara bepergian menggunakan transportasi tertentu.
✅ Siswa menikmati proses belajar melalui lagu, permainan, dan aktivitas interaktif.

2. Langkah Pembelajaran

A. Mindful Learning (Kesadaran Penuh dalam Belajar) - 15 Menit

Fokus: Mengenalkan berbagai jenis transportasi dan membantu siswa menyadari pentingnya alat transportasi dalam kehidupan sehari-hari.

✨ Aktivitas"How Do We Travel?" (Bagaimana Kita Bepergian?)
1️⃣ Guru menunjukkan gambar berbagai alat transportasi dan bertanya kepada siswa:

  • "How do you go to school?" (Bagaimana kamu pergi ke sekolah?)
  • "How does your family travel on vacation?" (Bagaimana keluargamu bepergian saat liburan?)
    2️⃣ Siswa menjawab dalam bahasa Indonesia, lalu guru memperkenalkan kosakata bahasa Inggrisnya dengan flashcards atau gambar.
    3️⃣ Guru membagi transportasi ke dalam tiga kategori utama:

🚗 Transportasi Darat

  • Car 🚗
  • Bus 🚌
  • Bicycle 🚲
  • Motorcycle 🏍️
  • Train 🚆

✈️ Transportasi Udara

  • Airplane ✈️
  • Helicopter 🚁

⛵ Transportasi Laut

  • Ship 🚢
  • Boat ⛵
  • Submarine 🚤

4️⃣ Siswa diminta menebak alat transportasi mana yang bergerak di darat, air, atau udara.

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa mengenali berbagai alat transportasi.
✅ Meningkatkan kesadaran siswa tentang bagaimana mereka bepergian setiap hari.

B. Meaningful Learning (Pembelajaran Bermakna) - 25 Menit

Fokus: Menghubungkan alat transportasi dengan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

✨ Aktivitas 1"Where Does It Go?" (Ke Mana Alat Transportasi Ini Pergi?)
1️⃣ Guru menyebutkan nama alat transportasi, dan siswa harus menjawab di mana alat tersebut digunakan.

  • "Where does a car go?" → "On the road."
  • "Where does a boat go?" → "On the water."
  • "Where does a plane go?" → "In the sky."

✨ Aktivitas 2"How Do You Go?" (Bagaimana Kamu Bepergian?)
1️⃣ Guru bertanya kepada siswa dengan pola kalimat:

  • "How do you go to school?"
  • "How do you go to the beach?"
    2️⃣ Siswa menjawab dengan menggunakan:
  • "I go to school by bicycle."
  • "I go to the beach by car."
    3️⃣ Siswa berpasangan dan bertanya-jawab tentang cara mereka bepergian ke tempat tertentu.

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa memahami fungsi dan penggunaan alat transportasi.
✅ Melatih keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris.

C. Joyful Learning (Pembelajaran yang Menyenangkan) - 20 Menit

Fokus: Menggunakan lagu, permainan, dan aktivitas interaktif untuk memperkuat pemahaman siswa.

✨ Aktivitas"Sing & Play" (Bernyanyi & Bermain)

1️⃣ Menyanyikan Lagu "The Wheels on the Bus" 🎵

  • Guru mengajak siswa bernyanyi sambil memperagakan gerakan yang sesuai dengan lirik.
  • Guru bisa mengganti lirik dengan alat transportasi lain, misalnya:
    • "The airplane in the sky goes zoom, zoom, zoom..."

2️⃣ Permainan "Act and Guess" (Peragakan dan Tebak)

  • Siswa secara bergiliran memperagakan cara alat transportasi bergerak tanpa berbicara.
  • Siswa lain menebak dengan mengatakan, "You are a train!" / "You are an airplane!"

3️⃣ "Matching Game" (Permainan Cocokkan Transportasi dan Fungsinya)

  • Guru membagikan kartu berisi gambar transportasi dan kartu berisi tempat penggunaannya.
  • Siswa mencocokkan kartu dengan pasangan yang benar.

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa menghafal kosakata dengan cara menyenangkan.
✅ Meningkatkan keterampilan berbicara dan kepercayaan diri siswa.

3. Refleksi & Penutup (5 Menit)

  • Guru meminta siswa menyebutkan alat transportasi yang mereka ingat dalam bahasa Inggris.
  • Siswa berbagi tentang alat transportasi favorit mereka.
  • Guru memberikan tugas kecil: "Tanyakan kepada orang tua tentang alat transportasi yang pernah kamu naiki dan sebutkan dalam bahasa Inggris!"

4. Evaluasi Pembelajaran

✅ Observasi: Apakah siswa dapat menyebutkan berbagai alat transportasi dalam bahasa Inggris?
✅ Keaktifan: Apakah siswa terlibat dalam permainan dan aktivitas?
✅ Antusiasme: Apakah siswa menikmati proses belajar?

Kesimpulan

Pendekatan Mindful Learning (kesadaran akan berbagai alat transportasi), Meaningful Learning (menghubungkan transportasi dengan fungsinya), dan Joyful Learning (menggunakan lagu, permainan, dan interaksi) membantu siswa memahami, mengingat, dan menggunakan kosakata tentang transportasi dalam bahasa Inggris dengan cara yang efektif dan menyenangkan.

Bagaimana menurutmu? Apakah ada yang ingin ditambahkan? 😊

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 2 Materi Transportation Menggunakan Pendekatan Deep Learning"