Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 4 Materi Toys and Games Menggunakan Pendekatan Deep Learning

 


1. Tujuan Pembelajaran

✅ Siswa dapat menyebutkan berbagai macam mainan dan permainan dalam bahasa Inggris.
✅ Siswa dapat mendeskripsikan mainan favorit mereka dalam kalimat sederhana.
✅ Siswa dapat menggunakan kosakata terkait dalam percakapan sehari-hari.

2. Langkah Pembelajaran

A. Mindful Learning (Kesadaran Penuh dalam Belajar) - 15 Menit

Fokus: Mengenalkan kosakata mainan dan permainan dalam bahasa Inggris.

✨ Aktivitas"What’s Your Favorite Toy?"
1️⃣ Guru menunjukkan gambar berbagai mainan dan permainan seperti:

  • Toys (Mainan): doll, teddy bear, ball, robot, puzzle, kite, car, blocks.
  • Games (Permainan): hide and seek, hopscotch, marbles, skipping rope, chess.
    2️⃣ Guru bertanya kepada siswa:
  • "What is your favorite toy?" (Apa mainan favoritmu?)
  • "Do you like playing marbles?" (Apakah kamu suka bermain kelereng?)
    3️⃣ Siswa mengulang pengucapan kosakata bersama-sama.

💡 Manfaat:
✅ Siswa mengenali kosakata baru dalam konteks yang dekat dengan kehidupan mereka.
✅ Siswa mulai mengembangkan pemahaman tentang berbagai jenis mainan dan permainan.

B. Meaningful Learning (Pembelajaran Bermakna) - 25 Menit

Fokus: Menghubungkan mainan dan permainan dengan pengalaman sehari-hari.

✨ Aktivitas 1"What’s in the Toy Box?"
1️⃣ Guru menyiapkan kotak berisi berbagai mainan atau gambar mainan.
2️⃣ Siswa bergantian mengambil satu benda dari kotak tanpa melihat.
3️⃣ Siswa mendeskripsikan benda tersebut tanpa menyebut namanya, misalnya:

  • "It is soft. It has two eyes. It is a bear."
    4️⃣ Teman lainnya menebak nama mainan tersebut dalam bahasa Inggris.

✨ Aktivitas 2"Find the Missing Toy!"
1️⃣ Guru menunjukkan beberapa gambar mainan.
2️⃣ Guru menutup satu gambar dan bertanya, "What is missing?"
3️⃣ Siswa menebak benda yang hilang dan menyebutkannya dalam bahasa Inggris.

✨ Aktivitas 3"Show and Tell: My Favorite Toy"
1️⃣ Siswa membawa atau menggambar mainan favorit mereka.
2️⃣ Siswa mendeskripsikan mainan tersebut dalam bahasa Inggris, misalnya:

  • "This is my favorite toy. It is a blue car. I play with it every day."

💡 Manfaat:
✅ Siswa menghubungkan kata-kata dengan benda nyata dan pengalaman pribadi.
✅ Siswa mulai belajar mendeskripsikan benda dalam bahasa Inggris.

C. Joyful Learning (Pembelajaran yang Menyenangkan) - 20 Menit

Fokus: Menggunakan lagu, permainan, dan aktivitas kreatif untuk memperkuat pemahaman siswa.

✨ Aktivitas 1Menyanyikan Lagu "I Have a Teddy Bear" 🎵

  • Siswa menyanyikan lagu dengan gerakan tangan.

  • Contoh lirik:

    🎶 I have a teddy bear, soft and small,
    I have a football, I kick it tall,
    I have a puzzle, piece by piece,
    Toys and games, they make me pleased! 🎶

✨ Aktivitas 2Permainan "Toy Shop Role Play"
1️⃣ Guru menyiapkan gambar mainan dan harga dalam bentuk uang mainan.
2️⃣ Siswa bermain sebagai penjual dan pembeli.
3️⃣ Contoh percakapan:

  • Buyer: "How much is this doll?"
  • Seller: "It is five dollars."
  • Buyer: "Here you go!"
  • Seller: "Thank you!"

✨ Aktivitas 3"Toys Memory Game"
1️⃣ Guru menunjukkan beberapa mainan selama 30 detik.
2️⃣ Guru menutup gambar dan meminta siswa menyebutkan semua yang mereka ingat.
3️⃣ Siswa yang dapat menyebutkan paling banyak menang!

💡 Manfaat:
✅ Membantu siswa mengingat kosakata dengan cara menyenangkan.
✅ Melatih keterampilan komunikasi siswa dalam konteks nyata.

3. Refleksi & Penutup (5 Menit)

  • Guru bertanya kepada siswa:
    • "What is your favorite game?"
    • "How do you ask the price of a toy in English?"
  • Siswa menyebutkan satu hal yang mereka pelajari hari ini.
  • Guru memberikan tugas kecil: "Gambarlah 3 mainan favoritmu dan tuliskan namanya dalam bahasa Inggris!"

4. Evaluasi Pembelajaran

✅ Observasi: Apakah siswa dapat menyebutkan berbagai mainan dan permainan?
✅ Keaktifan: Apakah siswa terlibat dalam permainan peran dan aktivitas lainnya?
✅ Antusiasme: Apakah siswa menikmati proses belajar?

Kesimpulan

Pendekatan Mindful Learning (kesadaran tentang mainan dan permainan), Meaningful Learning (menghubungkan dengan pengalaman nyata), serta Joyful Learning (menggunakan lagu, permainan, dan aktivitas interaktif) membantu siswa memahami, mengingat, dan menggunakan bahasa Inggris dalam konteks mainan dan permainan dengan cara yang menyenangkan dan efektif.

Bagaimana menurutmu? Apakah ada yang ingin ditambahkan? 🎲🧸😊

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 4 Materi Toys and Games Menggunakan Pendekatan Deep Learning"