Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 6 Materi Tourism Menggunakan Pendekatan Deep Learning

 

1. Tujuan Pembelajaran

✅ Siswa dapat menyebutkan tempat-tempat wisata dalam bahasa Inggris.
✅ Siswa dapat mendeskripsikan tempat wisata sederhana.
✅ Siswa dapat melakukan percakapan sederhana tentang wisata dan perjalanan.

2. Langkah Pembelajaran

A. Mindful Learning (Kesadaran Penuh dalam Belajar) - 15 Menit

Fokus: Mengenalkan konsep pariwisata dan tempat wisata yang umum.

✨ Aktivitas"Where Do You Want to Go?"
1️⃣ Guru menampilkan gambar berbagai tempat wisata dan menanyakan kepada siswa:

  • "What is this place?" (Apa nama tempat ini?)
  • "Have you ever been here?" (Pernahkah kamu ke sini?)
  • "Do you want to visit this place?" (Apakah kamu ingin ke sini?)
    2️⃣ Guru mengenalkan kosakata tentang tempat wisata, misalnya:

Types of Tourist Attractions (Jenis Tempat Wisata):

  • 🏝 Beach (Pantai)
  • 🏰 Castle (Istana)
  • ⛰ Mountain (Gunung)
  • 🏜 Desert (Gurun)
  • 🏞 National Park (Taman nasional)
  • 🎡 Amusement Park (Taman hiburan)
  • 🏯 Temple (Kuil atau candi)
  • 🏛 Museum (Museum)
  • 🏟 Stadium (Stadion)

3️⃣ Siswa mengulang pengucapan kosakata bersama-sama.

💡 Manfaat:
✅ Siswa lebih sadar akan tempat-tempat wisata di sekitar mereka.
✅ Siswa mulai mengenali kosakata baru dengan mudah.

B. Meaningful Learning (Pembelajaran Bermakna) - 25 Menit

Fokus: Menghubungkan tempat wisata dengan pengalaman siswa dan menggunakan kosakata dalam konteks nyata.

✨ Aktivitas 1"Match the Picture!"
1️⃣ Guru membagikan kartu gambar tempat wisata dan kartu nama tempat dalam bahasa Inggris.
2️⃣ Siswa harus mencocokkan gambar dengan nama yang benar.
3️⃣ Setelah mencocokkan, siswa menyebutkan tempat tersebut dengan suara lantang, misalnya:

  • "This is a beach!"
  • "This is a museum!"

✨ Aktivitas 2"Let's Plan a Trip!"
1️⃣ Siswa diminta untuk berpura-pura merencanakan perjalanan ke suatu tempat wisata.
2️⃣ Guru memberikan contoh percakapan:

  • A: "Where do you want to go?" (Kamu ingin pergi ke mana?)
  • B: "I want to go to the beach." (Aku ingin pergi ke pantai.)
  • A: "What will you do there?" (Apa yang akan kamu lakukan di sana?)
  • B: "I will swim and build a sandcastle." (Aku akan berenang dan membuat istana pasir.)
    3️⃣ Siswa berpasangan dan mempraktikkan percakapan mereka sendiri.

✨ Aktivitas 3"Describe Your Dream Vacation"
1️⃣ Siswa menulis beberapa kalimat tentang tempat wisata yang ingin mereka kunjungi.
2️⃣ Contoh kalimat:

  • "I want to go to Bali. I will swim and see the sunset at the beach."
  • "I want to visit Disneyland. I will ride the roller coaster and see Mickey Mouse."
    3️⃣ Siswa yang ingin dapat membacakan deskripsi mereka di depan kelas.

💡 Manfaat:
✅ Siswa memahami dan mengingat kosakata dengan lebih baik.
✅ Siswa belajar menggunakan kosakata dalam kalimat dan percakapan sederhana.

C. Joyful Learning (Pembelajaran yang Menyenangkan) - 20 Menit

Fokus: Menggunakan lagu, permainan, dan aktivitas kreatif untuk memperkuat pemahaman.

✨ Aktivitas 1Menyanyikan Lagu "Going on a Trip" 🎵

  • Siswa menyanyikan lagu sambil menirukan gerakan.

  • Contoh lirik sederhana:

    🎶 I’m going on a trip, oh yes, I am,
    To the mountains or to the sea.
    I will take my bag and pack my things,
    And have fun with my family! 🎶

✨ Aktivitas 2Game "Guess the Place!"
1️⃣ Guru memberikan petunjuk tentang tempat wisata, misalnya:

  • "This place has a lot of water. People swim and play here." → (Beach)
  • "This is a very tall landform. People climb it." → (Mountain)
    2️⃣ Siswa menebak tempat yang dimaksud dalam bahasa Inggris.

✨ Aktivitas 3"Draw and Present Your Dream Destination"
1️⃣ Siswa menggambar tempat wisata impian mereka.
2️⃣ Siswa menuliskan nama tempat dan 1-2 aktivitas yang bisa dilakukan di sana.
3️⃣ Siswa mempresentasikan gambar mereka, misalnya:

  • "This is Paris. I want to visit the Eiffel Tower."

💡 Manfaat:
✅ Siswa belajar dengan cara menyenangkan dan lebih aktif.
✅ Lagu dan permainan membantu memperkuat ingatan mereka tentang kosakata.

3. Refleksi & Penutup (5 Menit)

  • Guru bertanya kepada siswa:
    • "What is your favorite tourist place?"
    • "Where do you want to go for vacation?"
  • Siswa menyebutkan satu hal yang mereka pelajari hari ini.
  • Guru memberikan tugas kecil: "Gambarlah tempat wisata favoritmu dan tuliskan namanya dalam bahasa Inggris!"

4. Evaluasi Pembelajaran

✅ Observasi: Apakah siswa dapat menyebutkan tempat-tempat wisata dengan benar?
✅ Keaktifan: Apakah siswa berpartisipasi dalam permainan dan percakapan?
✅ Pemahaman: Apakah siswa bisa menggunakan kosakata dalam kalimat sederhana?

Kesimpulan

Dengan pendekatan Mindful Learning (kesadaran tentang tempat wisata), Meaningful Learning (menghubungkan dengan pengalaman nyata), serta Joyful Learning (menggunakan lagu, permainan, dan aktivitas kreatif), siswa dapat memahami, mengingat, dan menggunakan bahasa Inggris dalam konteks pariwisata dengan cara yang menyenangkan dan efektif.

Bagaimana menurutmu? Apakah ada yang ingin ditambahkan? 🌍✈🏝😊

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 6 Materi Tourism Menggunakan Pendekatan Deep Learning"