Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Materi Conditionals Menggunakan Pendekatan Deep Learning

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Memahami dan menggunakan conditional sentences (kalimat pengandaian) dalam bentuk zerofirstsecond, dan third conditionals.
  2. Menggunakan conditional sentences dalam berbagai konteks dan situasi.
  3. Membuat kalimat conditional yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.
  4. Mengembangkan kemampuan berbicara dan menulis dengan menggunakan conditional sentences.
  5. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan cara yang interaktif dan kreatif (joyful learning).

Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran

1. Mindful Learning (Belajar dengan Kesadaran Penuh)

Tujuan: Siswa memahami dengan baik struktur dan penggunaan berbagai jenis conditional sentences.

Aktivitas:

✅ Introduction: "What are Conditionals?"

  • Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa:
    • "What would you do if you won a lottery?"
    • "If you could travel anywhere, where would you go?"
  • Guru menjelaskan bahwa conditionals digunakan untuk berbicara tentang situasi yang bergantung pada suatu kondisi atau pengandaian.

Grammar: The Structure of Conditionals

  1. Zero Conditional (Real situation in the present or future)

    • Digunakan untuk menyatakan fakta atau kejadian yang selalu benar, seperti hukum alam atau kebiasaan.
    • Struktur: If + present simple, present simple
      • Contoh:
        • "If you heat water to 100°C, it boils."
        • "If it rains, the ground gets wet."
    • Siswa membuat kalimat zero conditional yang menggambarkan fakta-fakta di sekitar mereka.
  2. First Conditional (Possible or real future situation)

    • Digunakan untuk situasi yang mungkin terjadi di masa depan jika kondisi tertentu dipenuhi.
    • Struktur: If + present simple, will + verb
      • Contoh:
        • "If it rains tomorrow, we will stay at home."
        • "If you study hard, you will pass the exam."
    • Siswa berlatih membuat kalimat first conditional berdasarkan situasi masa depan.
  3. Second Conditional (Unreal or hypothetical present or future situation)

    • Digunakan untuk situasi yang tidak nyata atau hanya sebuah pengandaian.
    • Struktur: If + past simple, would + verb
      • Contoh:
        • "If I were a millionaire, I would buy a house by the beach."
        • "If she studied more, she would pass the test."
    • Siswa membuat kalimat second conditional berdasarkan pengandaian atau situasi hipotetik.
  4. Third Conditional (Unreal past situation)

    • Digunakan untuk situasi yang tidak mungkin terjadi di masa lalu, karena kondisi tersebut tidak terpenuhi.
    • Struktur: If + past perfect, would have + past participle
      • Contoh:
        • "If I had known about the party, I would have gone."
        • "If they had studied harder, they would have passed the test."
    • Siswa membuat kalimat third conditional untuk situasi yang tidak terjadi di masa lalu.

2. Meaningful Learning (Belajar yang Bermakna dan Relevan dengan Kehidupan Siswa)

Tujuan: Siswa mengaitkan conditional sentences dengan pengalaman dan situasi yang relevan dalam kehidupan mereka.

Aktivitas:

✅ "What Would You Do?"

  • Guru meminta siswa untuk membuat kalimat menggunakan first atau second conditional tentang keputusan atau rencana mereka.
  • Contoh:
    • "If I have enough money, I will travel to Japan." (First conditional)
    • "If I were a superhero, I would save the world." (Second conditional)
  • Siswa berbicara dengan teman sekelas mereka dan saling bertanya menggunakan conditional sentences.

✅ "Past Mistakes"

  • Guru meminta siswa untuk menceritakan sesuatu yang mereka sesali di masa lalu dan membuat kalimat menggunakan third conditional.
  • Contoh:
    • "If I had studied harder, I would have passed the exam."
    • "If I had listened to my parents, I would not have been late."
  • Siswa berbagi cerita mereka dengan teman sekelas dan mendiskusikan penggunaan third conditional.

✅ "What If?" Role Play

  • Siswa berpasangan dan berperan sebagai dua orang yang membicarakan skenario hipotetik atau masa depan menggunakan second dan first conditionals.
  • Contoh percakapan:
    • "If you could live anywhere, where would you live?"
    • "If I could live anywhere, I would live in Paris."
    • "If I win a scholarship, I will study abroad."
  • Setelah role play, siswa melaporkan hasil percakapan mereka kepada kelas.

3. Joyful Learning (Belajar dengan Menyenangkan dan Berinteraksi Secara Positif)

Tujuan: Menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif melalui permainan dan aktivitas kreatif.

Aktivitas:

✅ "Conditional Bingo"

  • Siswa bermain Bingo dengan kondisi dan hasil.
  • Guru memberikan kartu Bingo yang berisi kalimat conditional, seperti:
    • "If I go to the market, I will buy fruits."
    • "If you study, you will pass the test."
  • Guru akan membacakan pernyataan, dan siswa mencocokkan dengan kartu mereka. Siswa yang pertama mendapatkan satu garis atau kolom penuh menang.

✅ "Guess the Conditional"

  • Guru menyiapkan beberapa situasi atau pertanyaan dalam bentuk kalimat conditional (first, second, or third).
  • Siswa harus menebak apakah kalimat tersebut menggunakan firstsecond, atau third conditional.
  • Contoh:
    • "If I had known about the meeting, I would have attended." (Third conditional)
    • "If I win the lottery, I will travel the world." (First conditional)
  • Aktivitas ini melibatkan semua siswa dan memperkenalkan mereka pada berbagai jenis conditional sentences.

✅ "Conditional Story Creation"

  • Siswa dibagi dalam kelompok kecil dan diminta untuk membuat cerita pendek menggunakan berbagai jenis conditional sentences.
  • Setiap kelompok membuat cerita dengan pengandaian, rencana masa depan, atau situasi hipotetik.
  • Kelompok akan mempresentasikan cerita mereka di depan kelas dengan menggunakan conditional sentences.

Penilaian Pembelajaran

  1. Penilaian Formatif:

    • Observasi selama diskusi dan role play.
    • Latihan mengidentifikasi jenis conditional sentences dalam kalimat.
  2. Penilaian Sumatif:

    • Tugas tertulis: Siswa membuat cerita pendek atau dialog menggunakan berbagai jenis conditional sentences.
    • Presentasi: Siswa mempresentasikan kalimat pengandaian mereka di depan kelas dalam bentuk role play atau cerita.
    • Proyek kreatif: Membuat Bingo atau permainan interaktif berbasis conditional sentences.

Kesimpulan: Menerapkan Deep Learning dalam Pembelajaran

✅ Mindful Learning: Siswa memahami berbagai jenis conditional sentences melalui penjelasan yang mendalam dan contoh yang relevan.
✅ Meaningful Learning: Pembelajaran mengaitkan conditional sentences dengan pengalaman pribadi dan situasi nyata yang siswa hadapi.
✅ Joyful Learning: Pembelajaran menjadi menyenangkan dengan permainan, role play, dan aktivitas kreatif yang melibatkan penggunaan conditional sentences.

Dengan pendekatan ini, siswa dapat menguasai penggunaan conditional sentences untuk berbicara tentang situasi hipotetik, masa depan, atau masa lalu dengan percaya diri dan tepat. 🌟😊

Semoga bermanfaat! 🎯

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Materi Conditionals Menggunakan Pendekatan Deep Learning "