Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Materi Short Functional Texts (Surat, Iklan) Menggunakan Pendekatan Deep Learning

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Memahami pengertian dan tujuan dari short functional texts, seperti surat dan iklan.
  2. Menulis surat pribadi dan iklan dengan format yang tepat dan jelas.
  3. Mengidentifikasi elemen penting dalam surat dan iklan, serta menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari mereka (meaningful learning).
  4. Meningkatkan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara efektif melalui penggunaan short functional texts (mindful learning).
  5. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif dengan menggunakan aktivitas kreatif dan berbasis permainan (joyful learning).

Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran

1. Mindful Learning (Belajar dengan Kesadaran Penuh)

Tujuan: Siswa memahami struktur dan tujuan dari surat dan iklan sebagai bentuk komunikasi sehari-hari.

Aktivitas:

✅ Introduction: "What Are Short Functional Texts?"

  • Guru memulai dengan bertanya kepada siswa:
    • "Have you ever written a letter or seen an advertisement?"
    • "What do you think is the purpose of a letter or an advertisement?"
  • Guru menjelaskan bahwa short functional texts adalah teks pendek yang memiliki tujuan praktis, seperti surat pribadi atau iklan, yang digunakan untuk memberikan informasi, menyampaikan pesan, atau menawarkan sesuatu.

✅ Types of Short Functional Texts

  • Guru menjelaskan dua jenis short functional texts yang akan dipelajari:
    1. Surat Pribadi: Teks yang ditulis untuk menyampaikan pesan pribadi kepada seseorang, seperti surat untuk teman atau keluarga.
    2. Iklan: Teks yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan produk atau layanan.

✅ Key Features of a Letter (Surat)

  • Struktur surat pribadi:
    1. Salam pembuka
    2. Isi surat
    3. Penutupan
    4. Tanda tangan
  • Guru memberikan contoh surat pribadi singkat:
    • "Dear Ani, I hope you're doing well. I just wanted to tell you about my weekend..."
  • Siswa mempelajari cara menulis surat pribadi yang singkat namun penuh makna.

✅ Key Features of an Advertisement (Iklan)

  • Struktur iklan:
    1. Judul (Headline): Menarik perhatian pembaca.
    2. Deskripsi produk atau layanan
    3. Manfaat atau fitur utama
    4. Informasi kontak atau cara mendapatkan produk/layanan
  • Guru memberikan contoh iklan:
    • "Looking for the best shoes? Try our new running shoes – comfortable, durable, and stylish. Call us at 123-4567 for more details."

2. Meaningful Learning (Belajar yang Bermakna dan Relevan dengan Kehidupan Siswa)

Tujuan: Membantu siswa menghubungkan short functional texts dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Aktivitas:

✅ "Personal Letter Activity"

  • Siswa diminta untuk menulis surat pribadi singkat kepada teman atau anggota keluarga, menceritakan pengalaman mereka atau menyampaikan pesan penting.
  • Guru memberi contoh surat pribadi:
    • "Dear Mom, I miss you a lot. I want to tell you about my new hobby, painting..."
  • Siswa menulis surat dengan format yang benar dan saling bertukar surat dengan teman sekelas untuk dibaca dan diberi umpan balik.

✅ "Advertisement Analysis"

  • Siswa diberikan beberapa contoh iklan (baik yang sudah dicetak atau yang diproyeksikan di layar) dan diminta untuk menganalisis elemen-elemen penting dalam iklan tersebut.
  • Siswa bekerja dalam kelompok untuk menjawab beberapa pertanyaan:
    • "What is being advertised?"
    • "What is the main selling point of the product?"
    • "What words or phrases are used to attract the audience?"
  • Diskusi tentang cara penulisan iklan yang menarik perhatian pembaca dan cara membuat iklan yang efektif.

✅ "Create Your Own Advertisement"

  • Siswa diminta untuk membuat iklan tentang sesuatu yang mereka minati, seperti produk fiksi atau layanan yang mereka buat sendiri.
  • Siswa harus menulis iklan dengan jelas, menggunakan bahasa persuasif dan format yang benar.
  • Setelah selesai, mereka akan mempresentasikan iklan mereka di depan kelas.

3. Joyful Learning (Belajar dengan Menyenangkan dan Berinteraksi Secara Positif)

Tujuan: Membuat pembelajaran lebih menyenangkan dengan kegiatan kreatif dan berbasis permainan.

Aktivitas:

✅ "Letter Relay Race"

  • Siswa dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok harus menulis surat pribadi sesuai dengan tema yang ditentukan oleh guru, seperti "A Letter to Your Best Friend" atau "A Letter to Your Parents".
  • Setiap siswa dalam kelompok bergiliran menulis satu kalimat dalam surat, dan surat akan terus berlanjut hingga selesai.
  • Kelompok yang menyelesaikan surat pertama dengan benar dan kreatif akan mendapatkan poin.

✅ "Iklan Kreatif: Product Pitching"

  • Siswa bekerja dalam kelompok untuk menciptakan iklan tentang produk yang mereka pilih atau buat sendiri (misalnya, produk fiksi seperti "Super Magic Pen" atau "Giant Ice Cream").
  • Setiap kelompok membuat presentasi iklan dengan menggunakan berbagai media (gambar, tulisan, dan suara) untuk menarik perhatian audiens.
  • Kelompok-kelompok tersebut akan mempresentasikan iklan mereka di depan kelas, dan teman-teman sekelas memberikan penilaian berdasarkan kreativitas dan persuasifitas iklan tersebut.

✅ "Classroom Marketplace"

  • Siswa diminta untuk membuat iklan tentang barang atau layanan yang akan dijual di "pasar kelas".
  • Mereka membuat iklan yang menarik untuk dipajang di kelas. Setelah itu, siswa dapat "berbelanja" di pasar kelas, di mana mereka membeli barang atau layanan dengan "uang" kelas yang telah disediakan.
  • Aktivitas ini juga melibatkan latihan membaca dan menulis iklan, serta berbicara tentang produk yang mereka jual.

Penilaian Pembelajaran

  1. Penilaian Formatif:

    • Observasi selama kegiatan diskusi, penulisan surat, dan pembuatan iklan.
    • Kuis singkat untuk mengidentifikasi elemen-elemen surat dan iklan.
  2. Penilaian Sumatif:

    • Tugas tertulis: Siswa menulis surat pribadi tentang pengalaman mereka atau iklan produk yang mereka buat.
    • Presentasi: Siswa mempresentasikan iklan mereka di depan kelas dan menjelaskan tujuan serta cara membuat iklan yang efektif.
    • Proyek kreatif: Siswa menciptakan iklan produk atau layanan yang menarik, lalu mempresentasikannya kepada teman sekelas.

Kesimpulan: Menerapkan Deep Learning dalam Pembelajaran

✅ Mindful Learning: Siswa belajar dengan memahami struktur dan tujuan dari surat pribadi dan iklan, serta cara membuat teks tersebut dengan format yang benar.
✅ Meaningful Learning: Pembelajaran dikaitkan dengan pengalaman siswa sehari-hari, baik dalam menulis surat pribadi maupun membuat iklan.
✅ Joyful Learning: Pembelajaran menjadi menyenangkan dengan aktivitas kreatif, permainan, dan presentasi yang memungkinkan siswa untuk mengekspresikan diri mereka.

Dengan pendekatan ini, siswa dapat menulis dan memahami short functional texts dengan percaya diri dan keterampilan yang lebih baik. 🚀😊

Semoga bermanfaat! 🎯

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Materi Short Functional Texts (Surat, Iklan) Menggunakan Pendekatan Deep Learning "