Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 9 Materi Exposition Text Menggunakan Pendekatan Deep Learning

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep exposition text dan ciri-cirinya.
  2. Mengidentifikasi struktur dan bahasa yang digunakan dalam exposition text.
  3. Menganalisis tujuan dan cara menulis exposition text dengan baik dan benar.
  4. Menulis exposition text secara efektif, dengan memberikan argumen yang jelas dan mendukung topik yang dibahas.

Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran

1. Mindful Learning (Belajar dengan Kesadaran Penuh)

Tujuan: Siswa memahami struktur, tujuan, dan cara menulis exposition text dengan jelas dan terstruktur.

Aktivitas:

✅ Introduction: "What is an Exposition Text?"

  • Guru menjelaskan bahwa exposition text adalah teks yang berfungsi untuk meyakinkan atau mempengaruhi pembaca terhadap suatu ide, pendapat, atau topik.
  • Ciri-ciri Exposition Text:
    • Bertujuan untuk mengemukakan pendapat atau argumen dengan tujuan mempengaruhi atau meyakinkan pembaca.
    • Memiliki struktur yang jelas, yaitu:
      1. Thesis: Pendapat atau topik utama yang akan dibahas.
      2. Arguments: Beberapa alasan yang mendukung pendapat atau topik utama.
      3. Reiteration: Pengulangan atau penegasan kembali pendapat di akhir teks.

Contoh Exposition Text:

  • Thesis:
    • "School uniforms should be mandatory for all students."
  • Arguments:
    • "School uniforms help reduce bullying and peer pressure among students."
    • "Uniforms promote equality and prevent the display of wealth through clothing."
  • Reiteration:
    • "In conclusion, wearing school uniforms benefits students by creating a sense of equality and reducing distractions."

Penjelasan Struktur Teks:

  • Thesis: Menyatakan pendapat atau topik utama yang akan dibahas.
  • Arguments: Memberikan alasan-alasan yang kuat dan mendukung pendapat tersebut.
  • Reiteration: Menegaskan kembali pendapat di akhir teks untuk menguatkan pesan yang ingin disampaikan.

Language Features:

  • Menggunakan kalimat dalam simple present tense untuk menyatakan fakta.
  • Menggunakan kata penghubung argumentatif seperti firstlysecondlyfor examplein conclusion untuk menyusun argumen.

2. Meaningful Learning (Belajar yang Bermakna dan Relevan dengan Kehidupan Siswa)

Tujuan: Siswa dapat menghubungkan pengetahuan tentang exposition text dengan isu-isu yang relevan dalam kehidupan mereka.

Aktivitas:

✅ "Debate and Write"

  • Guru memulai dengan diskusi atau debat ringan di kelas mengenai topik yang kontroversial, seperti:
    • "Should school start later in the day?"
    • "Is it important to have homework?"
  • Setelah debat, siswa diminta untuk menulis exposition text tentang topik yang sama, menyatakan pendapat mereka dengan argumen yang mendukung.
  • Contoh:
    • Thesis: "School should start later in the day."
    • Arguments:
      • "Starting school later allows students to get more sleep, which improves their academic performance."
      • "Students will be more alert and engaged in class if they have enough rest."
    • Reiteration: "In conclusion, starting school later is beneficial for students' health and performance."

✅ "Write Your Opinion on Social Issues"

  • Siswa diberi topik mengenai masalah sosial atau isu yang relevan dengan kehidupan mereka, seperti:
    • "The importance of recycling."
    • "Why we should reduce plastic waste."
  • Siswa menulis exposition text yang menyampaikan pendapat mereka tentang topik tersebut dengan alasan yang kuat.
  • Contoh:
    • Thesis: "We should recycle more to protect the environment."
    • Arguments:
      • "Recycling reduces the amount of waste in landfills, preventing environmental damage."
      • "It helps conserve natural resources and reduces the need for new raw materials."
    • Reiteration: "In conclusion, recycling is an important step in preserving our planet for future generations."

3. Joyful Learning (Belajar yang Menyenangkan dan Berinteraksi Secara Positif)

Tujuan: Membuat proses belajar menulis exposition text lebih menyenangkan dan interaktif.

Aktivitas:

✅ "Exposition Text Challenge"

  • Siswa dibagi dalam kelompok dan diberikan sebuah topik tertentu (misalnya, "Advantages of Learning English").
  • Setiap kelompok harus menyusun exposition text dalam waktu terbatas, dengan menyatakan pendapat mereka dan memberikan argumen yang mendukung.
  • Setelah selesai, setiap kelompok akan mempresentasikan exposition text mereka di depan kelas. Kelompok lain memberikan umpan balik mengenai kekuatan dan kelemahan argumen yang disampaikan.

✅ "Exposition Text Role-Play"

  • Dalam kelompok, siswa melakukan role-play sebagai seorang pembicara dalam debat atau presentasi yang berfokus pada topik tertentu.
  • Setiap siswa bergantian menyampaikan exposition text mereka, dan teman-teman lainnya memberikan tanggapan atau pertanyaan untuk mempertajam argumen mereka.
  • Topik yang dapat digunakan:
    • "Should pets be allowed in school?"
    • "Is online learning better than face-to-face learning?"

✅ "Create a Persuasive Advertisement"

  • Siswa diminta untuk membuat iklan persuasif yang menjelaskan mengapa produk tertentu bermanfaat (misalnya, iklan produk ramah lingkungan).
  • Iklan ini harus mengikuti struktur exposition text, dengan thesis tentang mengapa produk tersebut penting, argumen yang mendukung, dan reiteration yang menegaskan manfaatnya.
  • Siswa dapat menampilkan iklan mereka melalui presentasi di kelas.

Penilaian Pembelajaran

  1. Penilaian Formatif:

    • Observasi selama diskusi dan debat kelas.
    • Latihan menulis exposition text tentang topik-topik yang relevan dengan kehidupan siswa.
    • Siswa memberikan umpan balik satu sama lain mengenai kejelasan dan kekuatan argumen.
  2. Penilaian Sumatif:

    • Tugas Tertulis: Siswa menulis exposition text tentang topik pilihan mereka dengan mengikuti struktur yang benar.
    • Proyek Kreatif: Membuat iklan persuasif atau presentasi tentang suatu topik menggunakan exposition text.
    • Presentasi Lisan: Siswa mempresentasikan argumen mereka secara lisan dengan menggunakan exposition text.

Kesimpulan: Menerapkan Deep Learning dalam Pembelajaran

✅ Mindful Learning: Siswa memahami dengan jelas struktur dan tujuan dari exposition text serta cara menyusunnya dengan baik.
✅ Meaningful Learning: Pembelajaran menghubungkan exposition text dengan isu-isu relevan dalam kehidupan siswa, sehingga materi lebih mudah dipahami dan diterapkan.
✅ Joyful Learning: Pembelajaran menjadi menyenangkan melalui diskusi, debat, dan aktivitas kreatif yang melibatkan siswa secara aktif.

Dengan pendekatan ini, siswa dapat **menulis dan menyampaikan pendapat mereka dalam bentuk exposition text yang kuat dan persuasif. 🌟😊

Semoga bermanfaat! 🎯

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 9 Materi Exposition Text Menggunakan Pendekatan Deep Learning "